Analisa Manajemen Strategi Industri Astra Honda Motor

Analisa Manajemen Strategi Industri

Astra Honda Motor

  1. A. Pendahulan

Astra Honda Motor (AHM) berhasil melanjutkan perkembangan bisnisnya yang positif pada tahun 2009 sehingga mampu mempertahankan posisinya sebagai produsen dan distributor sepeda motor terbesar di Indonesia. Di tengah kondisi ekonomi yang relatif belum begitu baik pada tahun lalu, AHM bersama 1.600 dealer, 4.000 AHASS, 7.000 toko suku cadang termasuk Honda Exclusive Part Shop(HEPS), dan sekitar 500 supliernya berupaya merealisasikan sebuah proses bisnis yang baik dan sekaligus mampu menggairahkan pasar sepeda motor domestik. Perusahaan menjadikan konsumen sebagai fokus utama dengan menyediakan produk yang berkualitas dan layanan yang terbaik. AHM juga berupaya untuk melakukan efisiensi di setiap lini bisnisnya. Menurut data dari AISI posisi AHM berada pada peringkat pertama, disusul Yamaha, Suzuki, Kawasaki dan yang lainnya.

Perbandingan Penjualan Motor di Indonesia

Perbandingan Penjualan Motor di Indonesia

 

Seperti diketahui, target awal penjualan AHM di awal tahun 2009 hanya 2,2 juta unit. Angka terendah dari target penjualan ini ditetapkan sebagai salah satu bentuk penyesuaian dengan kondisi dan situasi dunia usaha saat itu. Dalam perkembangannya,ekonomi tumbuh lebih baik dan situasi politik relatif stabil kendati ada pemilu. Pasar motor pun ikut bergerak secara perlahan. Berkat kondisi yang lebih baik ini, AHM mampu menyumbangkan angka penjualan 2,7 juta unit terhadap total pasar motor nasional yang mencapai 5,8 juta unit. Pasar motor ini hanya turun sekitar 6% dibandingkan dengan tahun 2008 yang mencapai 6,2 juta unit. Sebagai bagian dari proses bisnis yang mengedepankan kebutuhan konsumen, AHM juga merilis sekitar 4 motor baru yaitu Absolute Revo 110, Vario Techno, New Vario, dan New BeAT.

Dalam kaitannnya dengan pesatnya perkembangan Motor di Indoensia , maka penulis akan menganalisa strategi pasar yang diterapkan oleh Honda, dan mencoba untuk memberikan masukan strategi apa yang cocok untuk pengembangan perusahaan AHM ke depannya.

untuk lebih jelasnya Klik link dibawah ini :

Analisa Manajemen Strategi Industri AHM

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: